Partisi Kaca Kamar Mandi dengan Kaca Tempered dan Frame Aluminium Minimalis

Bingung mencari model partisi kaca kamar mandi yang cocok? Mungkin saat ini kamu masih berpikir apakah ingin menggunakan kaca atau tirai untuk memisahkan antara area kering dan basah di kamar mandi.

Fungsi dari penyekat atau partisi kaca kamar mandi adalah sebagai pembatas antara area kering dan area basah kamar mandi.

Anda bisa perhatikan denah kamar mandi dibawah ini. Antara area shower dan area kloset, wastafel dipisah dengan partisi kaca kamar mandi.

Selain partisi memang anda bisa menggunakan penyekat lain seperti tirai shower, tetapi dari segi tampilan tirai terkesan kurang bagus dan tidak memberikan tampilan bersih dan rapi.

Berbeda dengan penyekat kaca, dengan partisi kaca tentu akan membuat tampilan kamar mandi tampil beda, lebih nyaman dan bersih.

Selain itu kaca juga mudah dibersihkan dibandingkan tirai, dan juga lebih praktis.

Pemilihan kaca penyekat merupakan keputusan terbaik. Alasannya karena kaca penyekat tersebut akan mencegah air agar tidak masuk ke area kering. Selain itu, tampilan kacanya pun juga dapat memberi kesan bersih, minimalis serta modern.

Jenis dan Model Partisi Kaca Penyekat Kamar Mandi

Ada beberapa model dan jenis penyekat kaca kamar mandi jika dilihat dari bentuk, variasi dan modelnya.

Seperti contohnya dari segi bentuk ada dua model yaitu :

  1. Partisi Kaca tanpa Pintu
  2. Partisi kaca dengan Pintu
  3. Partisi Kaca dengan Frame
  4. Partisi Kaca Tanpa Frame

Model diatas adalah beberapa model penyekat pada umumnya, tetapi masih banyak model jika dilihat dari bentuk dan variasinya.

Catatan : Untuk jenis penyekat kaca yang tanpa frame harus memakai jenis kaca tempered agar lebih aman. Sedangkan untuk partisi kaca dengan frame bisa memakai kaca standar ( tidak tempered ). Ketebalan kaca untuk partisi tanpa frame umumnya memakai kaca tempered 10 mm. Sedangkan yang memakai frame akan menyesuaikan antara 5-10 mm.

BACA JUGA :  Cara Pesan Jendela Aluminium Windownesia

Berikut ini beberapa rekomendasi model kaca penyekat kamar mandi. Kamu bisa memilih salah satunya untuk kamu terapkan nanti di rumahmu.

1. Model Etched Glass

Model Kaca Kamar Mandi Etched Glass

Model yang pertama yaitu kaca penyekat etched glass. Fungsi dari kaca penyekat ini yaitu sebagai elemen untuk dekor ruangan. Pada permukaannya bisa kamu tampilkan motif print beragam. Kamu bisa memilih menampilkan tulisan maupun gambar.

Kemudian untuk tekstur motifnya tidak jauh berbeda ketika kamu menggunakan model frosted glass. Agar kesan privasi bisa lebih terasa, di sini kamu juga dapat menambahkan motif ke semua permukaan kaca.

Apalagi jika tulisannya bisa kamu sesuaikan. Tentu ini akan sangat menarik karena kamu dapat berkreasi kira-kira tulisan atau teks apa yang akan kamu tampilkan tersebut.

2. Model Tanpa Frame

Model Kaca Kamar Mandi Tanpa Frame

Kamu juga bisa menggunakan kaca penyekat kamar mandi yang tanpa menggunakan frame. Ini sebenarnya jenis yang umum digunakan. Terkait pemasangannya, model ini biasanya berperan sebagai pembagi atau partisi ruangan.

Jadi model tanpa frame ini memang secara umum fungsinya untuk menutupi area kamar mandi. Meskipun kamu juga bisa memasangnya sebagai penutup pintu.

3. Kaca Penyakat dengan Frame

Model Kaca Kamar Mandi Dengan Frame

Berikutnya ada model kaca penyekat yang menggunakan frame. Untuk pemasangan serta bentuk panelnya tidak jauh dengan model tanpa frame. Pemilihan penyekat kamar mandi frame ini cocok untuk kamu yang menerapkan rumah dengan desain interior minimalis.

Frame yang umumnya dipakai ada dua macam yaitu kusen aluminium dan staineless.

Dua jenis bahan ini merupakan bahan yang paling tahan air dan karat, sebab kamar mandi merupakan area lembab.

Jadi pastikan memilih bahan yang berkualitas dan tahan terhadap air, selain itu juga pilih yang mudah dibersihakn.

4. Model Double Panel ( Penyekat Kamar Mandi dengan Frame dan Pintu )

Model Kaca Kamar Mandi Double Panel

Berikutnya ada desain penyekat kamar mandi menggunakan model double panel. Kami menyarankan agar pintu kamar mandi tersebut bisa kamu buat terbuka ke area kamar mandi. Tujuannya agar tidak sampai mempersempit ruang gerak yang ada.

BACA JUGA :  42 Inspirasi Pintu Geser Minimalis menghemat Tempat

Dengan memakai kaca kamar mandi yang bermodel pintu ini, nanti air yang berasal dari kamar mandi tidak sampai mengalir ke daerah yang kering. Kemudian untuk lantai kamar mandi pada area kering pun tidak mudah lembap serta berlumut.

5. Model Kaca Sliding Door

Model Kaca Kamar Mandi Sliding Door

Jika memakai partisi kaca kamar mandi dengan pintu model swing dirasa kurang praktis serta mengurangi fleksibilitas, maka cobalah memakai penyekat kaca yang menggunakan mode geser atau sliding door. Sebuah solusi bagi yang ingin menyiasati kamar mandi yang memiliki ukuran kecil.

Akan tetapi ketika pemasangannya juga perlu hati-hati. Jangan sampai kaca tersebut pecah maupun terlepas ketika kamu menarik serta mendorongnya terlalu keras.

7. Model Frosted Glass

Model Kaca Kamar Mandi Jenis Frosted Glass

Model berikutnya ini  mempunyai tekstur buram serta sulit dilalui cahaya. Biasanya orang yang memilihnya karena ingin privasi yang lebih pada kamar mandinya. Terutama ketika kamar mandi tersebut dipakai bersama-sama.

Agar area shower atau kamar mandi yang memakai model ini tidak sampai terlalu gelap, silakan menambahkan pencahayaan berupa lampu pada area tersebut. Jadi, ketika berada di kamar mandi juga tetap merasa nyaman.

8. Pintu Partisi Tempered Glass

Seperti yang sudah dijelaskan diatas, jenis material kaca yang dipakai untuk jenis pintu frameless atau tanpa frame adalah kaca tempered.

Kaca tempered mempunyai daya tahan terhadap perubahan suhu kira-kira 3-5 lebih tahan dari kaca float biasa.

Kaca tempered mempunyai daya tahan lendutan dan benturan keras 3-5 kali lebih kuat dari kaca float dengan ketebalan yang sama.

Kaca tempered juga banyak dipakai sebagai pelindung layar HP, sebab kaca jenis ini memang terkenal kuat dan tahan terhadap benturan.

Kelebihan partisi kaca dengan material kaca tempered ini adalah lebih aman dan kuat. Jika kaca sampai pecah, pecahan kaca akan jadi pecahan kecil-kecil dan tidak tajam.

9. Pintu Partisi Kaca Minimalis

Bagi Anda yang suka dengan konsep desain minimalis yang simpel tapi elegan. Anda bisa terapkan contoh desain partisi minimalis diatas.

Desain yang sederhana tapi mempunyai kesan mewah, estetik dan tidak banyak hiasan.

Dengan konsep hitam putih pada area kamar mandi menjadi modelnya lebih minimalis.

BACA JUGA :  Jendela Sliding Kayu

Partisi kaca akan memberikan kesan luas pada ruangan, dan fungsinya sebagai penyekat antara ruang basah dan ruang kering juga sangat maksimal.

Jika anda kurang suka dengna konsep hitam putih, anda bisa mencoba model lain seperti dibawah ini :

10. Pintu Partisi Kaca Shower Box

Shower box berfungsi sama seperti penyekat ruangan kamar mandi yaitu mencegah air keluar dari area basah / ruangan shower.

Shower box merupakan sebuah ruangan khusus untuk mandi atau membilas diri, yang dibatasi dengan partisi kaca mati atau pintu biasanya memakai material kaca bening. Sehingga tak membasahi area lain seperti meja rias (vanity), toilet, dan area berendam (bathtub).

Ukuran kamar mandi yang dibutuhkan agar muat shower box cukup besar.

Sebagai contoh ukurannya seperti dibawah ini ya..

Anda bisa menganti area bathtub dengan shower box.

11. Pintu Frame Aluminium

Model pintu kaca kamar mandi dengan bingkai aluminium juga bisa memberi kesan minimalis pada kamar mandi Anda. Yang menarik dari desain ini adalah kesan industrial yang modern, yang memberi suasana kontemporer pada kamar mandi.

Model ini sebaiknya digunakan pada kamar mandi yang luas, sebab bingkai alumuniumnya bisa membuat ruang shower terasa kecil dan mempersempit kamar mandi secara keseluruhan.

Harga Partisi Kaca Kamar Mandi

Harga partisi kaca kamar mandi akan menyesuaikan dengan model, ukuran dan jenis kaca yang dipakai. Untuk tahu informasi harga pastinya anda bisa menghubungi marketing kami dengan menginformasikan ukuran tinggi dan lebar lokasi.

Kami akan memberikan penawaran harga terbaik sesuai dengan ukuran yang anda berikan.

Ukuran Penyekat Kaca Kamar Mandi

Jika anda orang awam yang belum tahu ukuran penyekat standarnya, berikut ini contoh ukuran partisi kaca shower yang bisa anda jadikan panduan.

Untuk ukuran pintu sliding ukuran lebar pintu standarnya mulai dari 700 – 750 mm. Sedangkan tingginya sekitar 1800 – 2000 mm.

Kemudian untuk ukuran pintu swing partisi kamar mandi ukurna lebar pintu berkisar 650 -750 mm. Kemudian untuk tinggi pintu mulai dari 1800 – 2100 mm.

Ukuran diatas hanya ukuran rekomendasi, untuk informasi lebih jelas bisa menghubungi marketing kami lewa WA / Telpon.

WhatsApp chat