Ukuran Standar Ruangan di Dalam Rumah yang Nyaman

Dalam membangun rumah yang nyaman, perlu memperhatikan ukuran standar ruangan di rumah. Setiap ruangan tersebut memiliki ukurannya masing-masing yang nantinya juga menyesuaikan fungsinya. Dengan memperhatikan ukurannya, maka ruangan tersebut akan nyaman.

Pada artikel kali ini kami akan membahas mengenai standar ukuran ruangan yang nyaman. Saat membangun rumah pembagian ruangan sangat penting. Agar secara fungsi dan kenyamanan bisa lebih maksimal.

Seperti hal pintu dan jendela yang mempunyai ukuran standar pintu dan jendela. Ruangan juga mempunyai panduan ukurannya.

Meskipun bukan hal mutlak, tetapi bisa dijadika referensi saat kamu ingin membangun rumah ya..

Rekomendasi Ukuran Standar Ruangan di Rumah

Berikut ini kami akan menjelaskan seputar ukuran standar untuk masing-masing ruangan di rumah.

1. Ukuran Ruang Keluarga atau Living Room

Ruang keluarga merupakan tempat yang sifatnya semi publik. Sebuah ruangan yang menjadi tempat berkumpulnya keluarga sehingga sangat penting untuk menghadirkan ruangan yang nyaman. Ruangan tersebut juga kadang dimanfaatkan sebagai ruang resepsi maupun ruang makan untuk acara tertentu.

Umumnya ruang tamu menjadi ruangan yang paling besar pada sebuah hunian. Jadi tidak heran ketika banyak yang memanfaatkannya untuk berbagai kebutuhan. Sementara itu, untuk ukurannya sendiri bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya ruangan tersebut ukurannya kamu sesuaikan dengan kebutuhan furnitur yang kamu gunakan.

Namun untuk ukuran standarnya sekitar 3,5 meter x 3 meter. Ini untuk rumah yang ukurannya kecil. Sementara jika rumahmu memiliki tanah yang cukup luas, maka ukuran standar untuk living room adalah 5 meter x 7,5 meter.

BACA JUGA :  10 Cara Membuat dan Renovasi Rumah Idaman Anda

Selain ukuran yang pelu diperhatikan juga sirkulasi udara dan pencahayaan di dalam ruangan. Sebaik menggunakan jendela ruang tamu yang tepat, agar pencahayaan di dalam ruangan cukup dan udara juga sejuk.

2. Ukuran Kamar Tidur Utama

Ukuran standar ruangan di rumah yang kedua yaitu berkaitan dengan ukuran pada kamar tidur. Letak ruangan ini harus kamu perhatikan sehingga cahaya bisa masuk secara sempurna. Jangan membangun kamar tidur di ruangan yang kondisi udaranya minim atau bahkan cenderung pengap.

Kenyamanan juga menjadi faktor yang sangat penting. Untuk rasio jendela yang kamu gunakan nanti adalah 1:10 dari total luas lantai. Kemudian untuk kamar tidur juga sebaiknya mampu menampung minimal 1 kasur serta 1 lemari pakaian.

Untuk ukuran standar kamar tidur sekitar 2,75 meter x 3 meter untuk rumah minimalis. Adapun jika rumahmu memiliki ukuran yang besar maka sebaiknya ukuran kamar tidur yang tepat adalah 4 meter x 5 meter.

3. Ukuran Kamar Tamu dan Kamar Tidur Anak

Sesuai namanya, kamar ini disediakan untuk tamu yang menginap. Biasanya di dalam rumah ada satu ruangan khusus yang merupakan kamar tamu.

Pada rumah yang berukuran besar, biasanya kamar tamu ada di tempat khusus yang tepat sehingga tidak sampai mengganggu aktivitas rumah serta tidak membuat tamu tersebut terlihat canggung.

Ukuran kamar tamu dan kamar anak biasanya hampir mirip, akan tetapi jika rumah dibangun dilahan yang luas.

Ukuran kamar anak akan sedikit lebih besar daripada kamar tamu.

Bagaimana untuk ukuran standar ruangan tersebut? Ukurannya sekitar 3,5 meter x 3 meter. Biasanya pada kamar tamu juga tersedia kamar mandi dalam sehingga tamu tidak canggung ketika mereka ingin ke kamar mandi.

BACA JUGA :  Desain Kursi Ruang Tamu Minimalis

4. Ukuran Ruang Kerja

Untuk kamu yang ingin memiliki ruangan khusus sebagai tempat kerja, maka ukuran standarnya sekitar 3 meter x 3 meter. Biasanya ruang kerja ini posisinya tidak jauh dari ruang keluarga serta harus terpisah dari ruangan yang lainnya. Tujuannya agar aktivitas di rumah tidak mengganggu konsentrasimu ketika bekerja.

5. Ruang Makan

Bagaimana untuk ruang makan? Biasanya ruang makan ada di belakang dari ruang keluarga. Lokasinya pun tidak jauh dari dapur. Dalam menentukan ukuran yang tepat, perhatikan juga ada berapa kursi serta meja yang disediakan. 

Adapun untuk ukuran standarnya biasanya 4 meter x 3 meter. Namun kamu bisa menyesuaikan dengan jumlah anggota keluarga dan luas rumahmu.

Rumah dengan konsep open space akan terlihat lebih luas dan lebih mewah. Rumah open space adalah rumah yang minim sekatan.

Jadi antara ruang keluarga, dapur dan ruang makan biasanya digabung menjadi satu. Sedangkan ruang tamu, dipisah di ruangan sendiri. Dengan tujuan menjaga privasi menghuni rumah.

6. Ukuran Ruangan Dapur

Dapur bisa ditempatkan pada sudut belakang rumah. Ruangan ini juga biasanya dipadukan dengan ruang makan maupun ruang keluarga. Dapur juga harus mendapatkan sinar matahari yang cukup agar tidak lembap. Untuk ukuran yang pas biasanya 2,5 meter x 3,5 meter sampai 3,5 meter x 3,5 meter.

7. Ukuran Kamar Mandi

Dalam menyediakan ruangan untuk kamar mandi perhatikan ventilasi udara. Usahakan kamar mandi tersebut tidak terlihat dari luar serta tidak terlalu jauh dari ruang keluarga. Untuk ukuran standarnya yaitu 1,2 meter x 1,5 meter. Ini untuk kamar mandi kecil.

Sementara itu, jika kamu ingin membangun kamar mandi dengan ukuran yang sedang yaitu 1,5 x 2 meter. Lalu untuk kamar mandi besar maka ukurannya 2 meter x 3 meter.

BACA JUGA :  Desain Kamar Tidur Sempit Minimalis Sederhana

Anda bisa cek beberapa ide desain kamar mandi ukuran 2 x 3 meter. Dengan ukuran yang cukup luas, anda bisa membuat kamar mandi dengan bathtub di dalam.

WhatsApp chat