Tips Ruangan dan Kamar Tanpa Jendela

Mempunyai rumah di letak yang kurang strategis memang membuat kita bingung memikirkan rancangan tata ruang yang bagus dan sehat. Jika rumah kita hanya tampak depan saja yang bisa memakai jendela.

Sedangkan kanan, kiri dan belakang sudah berdempetan dengan rumah tetangga.

Pastinya ada beberapa kamar atau ruangan yang tidak bisa memakai jendela. Tapi hal ini bukanlah sebuah hambatan atau masalah yang serius jika anda tahu tips dan trik untuk mengatasinya.

Seperti yang kita ketahui jendela mempunyai peranan penting sebagai sumber cahaya dan juga sebagai sirkulasi udara.

Berikut berbapa tips agar pencahyaan di dalam ruangan tetap terang dan juga sirkulasi udara di dalam ruangan tetap lancar.

1. Menggunakan desain lantai dan furniture dengan warna Cerah

Mengatasi ruangan tanpa jendela dapat dilakukan dengan cara menggunakan desain lantai dan furniture ruangan dengan warna yang cerah.

Dengan warna yang cerah akan memantulkan cahaya dengan baik sehingga ruangan tidak akan terlihat gelap atau kurang terang.

Pilihlah warna cat ruangan yang natural dan cerah, jangan lupa sesuaikan dengan warna furniture anda.

Agar dekorasi interior ruangan terlihat lebih serasi dan indah.

2. Mengoptimalkan pencahayaan

Optimalkan pencahyaan dari lampu yang ada di kamar. Hal ini sangat penting karena sumber cahaya utama ruangan adalah dari lampu itu.

Baik malam atau siang hari pastinya membutuhkan lampu sebagai sumber pencahayaan. Oleh sebab itu pastikan memilih lampu yang terang dengan sinar cahaya yang cukup untuk menyinari ruangan.

Jika tidak cukup terang, anda bisa memang lampu di beberapa titik ruangan yang di rasa kurang terang atau terasa gelap.

Anda juga bisa memakai lampu downlight sebagai lampu tambahan di dalam ruangan agar ruangan lebih menarik.

BACA JUGA :  42 Inspirasi Pintu Geser Minimalis menghemat Tempat

3. Menggunakan dekorasi alami

Penambahan dekorasi alami berupa tanaman di dalam rumah juga dapat memberikan efek positif yang baik di dalam ruangan.

Dekorasi inilah yang sangat dibutuhkan kamar tanpa jendela. Sebab tanaman dapat menghadirkan unsur alam yang tidak dapat dinikmati di dalam ruangan.

Anda dapat menggunakan tanaman kaktus sebagai contohnya, sebab terdapat banyak manfaat kaktus dalam ruangan. Anda juga dapat menggunakan tanaman bonsai. Untuk perawatannya Anda dapat membaca cara merawat tanaman bonsai.

4. Melakukan permainan warna

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, untuk mengatasi ruangan tanpa jendela Anda perlu menggunakan warna-warna pastel dan natural. Cara ini juga dapat digunakan untuk menyulap rumah biasa menjadi mewah, sebab warna yang elegan memiliki dampak yang cukup signifikan.

Warna cerah disini tidak hanya terbatas pada penggunaan warna putih saja, namun juga warna-warna lainnya seperti warna kuning muda, peach pale, soft green, cotton blue dan sebagainya.

Penggunaan warna pada ruang tidak harus menganut konsep monokrom, namun dapat dicampurkan dengan beberapa warna lain. Supaya pencampuran warna berjalan lebih aman, Anda dapat membaca cara memadukan warna cat rumah sebagai referensi.

5. Pemanfaatan cermin

Pemanfaatan cermin untuk solusi kamar tanpa jendela dengan solusi agar kamar tidak gelap dan pengap sebenarnya cukup serupa. Cermin sebenarnya memiliki fungsi yang dapat menciptakan ilusi sebuah ruang.

Dengan menempatkan cermin pada salah satu sisi dinding, maka ruangan akan terkesan lebih luas dan lenggang. Selain itu sifat dasar cermin adalah memantulkan cahaya.

Cermin dapat membantu penyebaran cahaya yang ada di dalam ruangan sehingga lebih merata.

6. Menggunakan aksesoris yang mencolok

Aksesoris mencolok ternyata juga dapat dimanfaatkan sebagai solusi kamar tanpa jendela. Dengan menggabungkan berbagai macam komposisi ruangan, hasil akhir yang di dapat akan menampilkan elemen yang berbeda.

BACA JUGA :  Desain Jendela Rumah Minimalis Menarik Terbaru 2015

Anda juga dapat menambahkan luskisan yang dapat menjadi sebuah objek menarik untuk diperhatikan.

Peletakkan lukisan yang tepat juga dapat menegaskan keindahan ruang, terlebih ruangan tidak memiliki pandangan view keluar ruangan.

7. Menambah penghawaan buatan

Jika memang ruangan tersebut tidak memiliki jendela, maka satu-satunya cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi penghawaan di dalam ruang adalah dengan menggunakan penghawaan buatan. Penghawaaan ini dapat berupa air conditioning (AC) atau dengan kipas angin.

8. Buat Lubang Ventilasi

Kamar tidur yang terasa pengap menandakan kalau sirkulasi udara di dalamnya tidak berjalan dengan baik.

Hal ini membuat udara kotor tidak dapat mengalir keluar dan udara bersih pun tidak dapat masuk ke dalam ruangan.

Atasi kamar pengap tanpa jendela dengan membuat lubang berukuran kecil.

Lubang kecil merupakan salah satu jenis ventilasi udara yang dapat kamu hadirkan di kamar dengan instalasi yang tidak terlalu sulit.

Lubang-lubang ini dapat dibuat dalam jumlah yang cukup banyak pada bagian atap atau dinding paling atas.

9. Gunakan Exhausted Fan

Cara selanjutnya untuk mengatasi kamar pengap tanpa jendela adalah dengan menggunakan exhausted fan.

Berbeda dengan kipas angin konvensional, exhausted fan berfungsi untuk melancarkan sirkulasi udara di dalam ruangan.

Kipas angin ini akan menyedot udara kotor yang terdapat di dalam kamar tidur dan membuangnya keluar.

Kamar pun akan terasa lebih segar.

Memiliki kamar tanpa jendela sebenarnya bukanlah suatu keterbatasan tanpa solusi. Beberapa tips diatas dapat menjadi gambaran bahwa kenyamanan pun dapat dihadirkan bahkan di kamar yang tidak memiliki jendela sekalipun. Demikianlah beberapa tips dan trik yang dapat Anda lakukan sebagai solusi kamar tanpa jendela. Selamat mencoba!

BACA JUGA :  UPVC Jakarta
WhatsApp chat