September 08 2020 0comment
Pintu Lipat 8 daun

Pintu Geser VS Pintu Lipat

Kali ini kami akan membahas mengenai perbedaan dua jenis pintu yang sering membuat orang bingung memilih diantara keduanya. Jenis pintu ini adalah pintu geser dan juga pintu Lipat..? Apakah diantara kalian ada yang bingung memilih antara dua jenis pintu ini..? Apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membeli..

Berikut ini penjelasan mengenai Pintu Geser VS Pintu Lipat..

Ada beberapa yang yang perlu Anda perhatikan sebelum memilih dilihat dari  Keunggulan dan kelemahan dari dua jenis pintu ini..

PINTU GESER

Keunggulan Pintu Geser

Pintu Sliding 4 daun French

a. Hemat Ruangan

Secara teknis pintu geser dibuka ke arah samping dengan cara menggeser daun pintu, membuat pintu geser tidak membutuhakn ruang yang banyak..

Bila Anda memakai pintu geser di area balkon dengan panjang balkon yang tidak terlalu panjang, pintu geser ini tidak akan membutuhkan ruang banyak di balkon tersebut. Material yang dipakai juga sangat bervariasi dapat Anda pilih sesuai selara dan anggaran.

b. Membuat ruangan terasa lebih Luas

Pintu geser yang anda jadikan sebagai penyekat ruangan dan menggunakan kaca clear / kaca polos secara otomatis pandangan tidak akan terhalang jadi ruangan sempit anda akan terasa lebih luas.

c. Mengubah ruangan sempit menjadi terbuka luas

Karena pintu tersebut tidak memberikan batasan antar ruang bahkan tidak membatasi sudut pandang Anda. Secara otomatis ruangan sempit Anda akan terasa lebih luas jika menggunakan pintu geser.

d. Memaksimalkan akses ke beberapa ruangan sekaligus

Karena pintu ini dapat dibuka penuh, maka dapat menciptakan kesan ruangan Anda terasa luas dan tidak membatasi sudut pandang Anda. Sekat antara ruangan jadi tidak terlalu terasa jika antar ruangan menggunakan pintu geser.

e. Efisiensi penggunaan listrik

Keuntungan lainnya dari menggunakan pintu geser pada rumah minimalis adalah efisiensi penggunaan listrik.

Pintu geser khususnya yang menggunakan material kaca pada permukaannya dapat menjadi arah sumber cahaya yang baik pada siang hari.

BACA JUGA: Jendela Geser Aluminium

Hal ini tentunya akan menghemat pengeluaran biaya listrik bulanan Anda karena tidak perlu menyalakan lampu siang hari.

f. Bisa diterapkan pada sekat ruang

Bila sekat menggunakan pintu geser yang dipadukan dengan kaca, maka ketika tirai dibuka, ruangan seolah tidak memiliki pembatas. Hal ini membuat ruangan terasa lebih lapang. Dengan sistem geser, sekat tersebut juga tidak akan memakan banyak space ketika harus dibuka atau ditutup.

Kekurangan Pintu Sliding Aluminium untuk Rumah Minimalis

a. Pemasangannya butuh banyak peralatan

Menggunakan pintu jenis ini, berarti Anda harus siap dengan biaya yang lebih besar. Selain itu ada perawatan yang perlu diperhatikan, terutama kondisi jalur rel dan rodanya.

Perawatan menjadi penting agar kinerja pintu terhindar dari masalah, seperti macet atau sulitnya proses menggeser dan berkarat.

b. Memberi celah udara untuk masuk ke dalam ruangan

Meski cocok ditempatkan pada ruang- ruang berukuran relatif sempit, seperti di kamar mandi, namun ketika pintu ini ditutup, masih akan memberikan ruang terbuka di antara pintu dan dudukannya.

Dudukan pintu ini membuat sejumlah kecil udara dapat keluar-masuk. Jenis pintu geser tidak mampu memberikan penutup erat seperti pintu konvensional.

c. Butuh tenaga ekstra untuk menggeser bila bentuk pintu terlalu lebar

Secara desain, pintu ini akan tampak menarik dengan bentuk tinggi dan ramping. Sayangnya bila ukuran pintu ini terlalu lebar atau tinggi, tenaga yang dibutuhkan untuk menggeser lebih banyak daripada tenaga untuk membuka pintu biasa dengan ukuran yang sama.

Pada intinya semua keputusan ada di tangan Anda. Jenis pintu yang mana yang akan Anda gunakan bisa dipertimbangkan dengan mengetahui manfaat, serta kelebihan dan kekurangannya.

Untuk pintu sliding aluminium maupun jendela aluminium untuk rumah Anda, kami Windownesia Aluminium Door & Window System adalah solusi Anda untuk mendapatkan pintu maupun jendela berbahan Aluminium yang berkualitas dan tahan lama.

PINTU LIPAT / PINTU FOLDING

Keunggulan Pintu Lipat

Pintu Lipat 5 Daun

Pintu lipat aluminium ini memiliki kelebihan dapat membuka pintu lebih lebar dibandingkan dengan pintu swing dan pintu geser ataupun jenis pintu lainnya. Selain itu Pintu lipat ini juga dirancang dan dibuat untuk menambah desain rumah, ruko, kantor dan rumah kantor Anda menjadi lebih menawan dan elegan.

Ada banyak alasan, mengapa pintu lipat dapat dijadikan alternatif utama bagi Anda. Menilik fungsi utama pintu, yakni sebagai penghubung, dari dalam ke luar, dan juga dari satu ruangan ke ruangan yang lain. Itulah mengapa, keberadaan pintu sangat penting. Sehingga kini, banyak sekali model dan varian pintu yang di desain untuk beragam bentuk, fungsi, dan ukuran, yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan bangunan.

BACA JUGA: Pintu Lipat Kaca

Bagi Anda yang menginginkan kesan lapang, dapat memilih jenis pintu lipat. Nah, pintu ini memiliki ciri yakni terdiri dari beberapa daun pintu berengsel, dengan bantalan rel sebagai jalur bukaan, yang di buka-tutup dengan cara di dorong. Selain memberikan kesan lebih lapang, pintu lipat juga dapat memberi kesan yang sangat modern dan elegan.

Terutama untuk pintu lipat model bingkai dengan kaca. Pintu lipat model ini, biasa digunakan sebagai pintu lipat untuk teras belakang yang menghadap ke taman atau kolam renang, pintu garasi, hingga pintu utama dari suatu bangunan. Juga, bisa digunakan sebagai partisi untuk ruangan yang berhadapan atau bersebelahan. Fungsinya, ketika Anda membutuhkan suatu ruangan yang lebih luas, Anda dapat membukanya secara mudah.

Pintu lipat aluminium hadir dalam berbagai ukuran dan variasi. Pintu ini terdiri dari beberapa daun pintu, yang terhubung dalam satu rangkaian. Pintu lipat aluminium mampu memiliki fungsi penguncian yang terintegrasi dari satu daun pintu ke daun pintu yang lain. Sehingga, ketika ditutup dan dikunci, akan sangat rapat. Sesuai dengan materi Aluminium yang kedap udara dan suara, membuat pintu lipat aluminium mampu menjaga suatu ruangan dari kebisingan dan kebocoran AC dan cahaya. Sebagai partisi ruangan, pintu ini sangat rapat.

Keunggulan pintu lipat aluminium selanjutnya ialah pintu ini dapat dibuka sempurna sepanjang ukuran kusen nya. Jadi sangat cocok digunakan untuk ruang pertemuan, pintu garasi, hingga kelas.

Pintu lipat aluminium memiliki materi yang anti keropos dan anti gores. Selain itu, kusen dan daun pintu diproses melalui pemanasan, sehingga lebih kuat dan tahan lama. Materi yang anti karat, membuat nya terhindar dari masalah ‘macet’. Terutama jika terawat dengan baik. Untuk merawat materi berbahan aluminium Anda hanya perlu membersihkannya dari debu yang menempel. Ada juga krim pembersih khusus, untuk menambah tampilannya agar lebih kinclong. Kebersihan pintu lipat, terutama pada bagian rel nya, dapat membuatnya lebih awet dan selalu dalam kondisi prima, hingga puluhan tahun.

Kelemahan Pintu Lipat

  1. Harga umumnya mahal tergantung jenis material yang diinginkan
  2. Jika menggunakan aksesoris yang kurang bagus, pintu akan sulit dan berat ketika dibuka tutup.
  3. Kurang lebih hanya itu saja kekurangannya

Write a Reply or Comment