September 14 2015 0Comment
Pintu Geser Aluminium

Kelebihan dan kekurangan kusen aluminium alternatif kayu

Global warming menjadi suatu ancaman yang nyata untuk bumi kita tercinta ini. Indonesia merupakan paru-paru dunia karena indonesia mempunyai hutan yang luas. Hutan atau tumbuhan berfungsi untuk menjaga lapisan ozon bumi. Akan tetapi dalam 60 tahun terakhir hutan Indonesia sudah berkurang 50%. sumber kompas.com

Banyaknya penebangan liar dan pembakaran hutan yang tidak bertanggung jawab menjadikan faktor berkurangnya hutan di Negeri kita tercinta ini.

Peran kita sebagai warna negara yang baik adalah dengan mengurangi pemakaian kayu. Karena kayu yang dipakai merupakan dari hasil hutan dan penebangan pohon.

Kayu memang banyak sekali fungsinya, untuk kertas, kerajinan, furniture, kusen/pintu dan masih banyak lagi.

Dengan kemajuan teknologi di bidang industri Anda dapat menggunakan bahan alternatif selain kayu yaitu bahan UPVC atau bahan Aluminium.

Jika Anda belum tahu beberapa Kelebihan dan kekurangan kusen aluminium sebaiknya Anda simak penjelasan singkat berikut ini. artikel ini hanya mengajak anda untuk berpikir dan mempertimbangkan kenapa Anda harus memilih Kusen aluminium untuk desain rumah baru Anda. Inilah Keuntungan menggunakan Jendela Aluminium.

Kusen Aluminium

Pintu Geser

Pintu Lipat Kaca

Pintu Geser Aluminium

Kelebihan :

  1. Tahan keropos (antirayap), tidak dimungkinkan untuk dimakan rayap.
  2. Bahan aluminium jauh lebih tahan lama, anti rayap dan tidak menyusut seperti kayu, tidak akan mengalami penyusutan dan perubahan bentuk / melengkung akibat perubahan cuaca.
  3. Tampilan kusen aluminium dapat dicat atau dilapis dengan warna kayu bahkan motif kayu sehingga menyerupai kayu. Baca Juga: Pintu aluminium urat kayu.
  4. Desain dapat dibuat sesuai pesanan. Keunggulan kusen aluminium adalah bobotnya yang ringan dan kuat sehingga mudah dipindahkan. Perawatannya yang simpel menjadi daya tarik bagi pembelinya disamping kualitas bahan aluminium.
  5. Ekonomis, dalam pengertian biaya proses pembuatan, pemasangan dan perawatan untuk kusen aluminium lebih murah karena lebih tahan lama.

Kelemahan :

  1. Pemasangan dengan menggunakan sistem fischer. Teknik ini mengandalkan kekuatan sekrup fischer yang diborkan dan ditanam bersama kusen merapat ke tembok sekeliling kusen pintu yang sudah diplester rapi dan sangat akurat ukuran dan sudut siku-sikunya. Untuk teknik pemasangan ini, apabila terjadi kesalahan dalam pemasangannya maka dapat berakibat fatal.
  2. Cara pemasangan kusen aluminium mengandalkan kekuatan sekrup yang dipasangkan melekat pada dinding menjadikannya harus dipasang dengan presisi dan diplester rapi agar tidak terjadi kebocoran dan kesalahan lainnya. Jangan memilih kusen aluminium yang bermutu rendah, karena dapat mudah memuai saat terjadi perubahan suhu drastis karena kaca yang dibingkai dapat mudah lepas.
  3. Sambungan yang kurang baik pada siku atau kaca dapat menyebabkan air hujan dapat masuk, karena itu faktor penyambungan dan ‘sealant’ atau karet penyekat antara kaca dan alumunium harus dari bahan berkualitas dan tahan lama agar air tidak mudah masuk ke dalam kusen atau ke ruangan. Pada dasarnya masalah sealant ini tidak menimbulkan masalah pada kusen alumuniumnya karena bahan alumunium tidak terpengaruh air.

Kusen kayu :

Model-Pintu-Kayu-Jati-TerbaruKusen Kayu MinimalisModel-Kusen-Pintu-Kayu-Jati

Kelebihan :

  1. Adanya beragam variasi bentuk sesuai dengan kebutuhan ( tradisional, modern, minimalis, klasik, dll )
  2. Kusen kayu bisa diterapkan pada design rumah type apa saja.
  3. kayu memiliki Keunggulan dibanding dengan material lainnya yaitu tampilan natural sesuai denga jenis kayu
  4. Material kayu banyak yang kuat menurut jenisnya seperti kayu jati, kaper, atau ulin, melalui proses pengovenan yang baik.
  5. Kayu memang fleksibel untuk dirubah bentuknya sesuai desain, seperti bentuk lurus atau melengkung, dan dapat menahan panas atau dingin dari luar ruangan
  6. Rumah akan tampil lebih alami dengan adanya ornamen/kusen kayu.

Kekurangan :

  1. Sekarang ini sulit sekali mendapatkan kayu dengan kualitas yang baik.
  2. Mudah dimakan rayap, perawatan secara berkala dengan cat atau coating agar tetap awet, dan menyerap air sehingga menyebabkan volume kayu dapat berubah-ubah. Akibatnya pintu atau jendela sulit dibuka karena salah satu sudutnya memuai
  3. Kayu yang digunakan untuk kuda-kuda, gording, usuk dan reng pada atap bisa mengalami ‘puntir’ bila kayu yang digunakan kayu yang kurang berkualitas.
  4. Lebih mahal dibanding aluminium, dalam pengertian biaya proses pembuatan, pemasangan dan perawatan untuk kusen kayu lebih mahal karena usia terbatas.

Ini adalah sebatas pendapat dan untuk penggunaan dikembalikan kepada pribadi masing – masing sesuai dengan kebutuhan. Intinya setiap material mempunyai kelebihan dan kekurangannya. Semua dikembalikan pada pilihan dan kebutuhan Anda.