September 05 2021 0Comment
Jendela Kamar Mandi Geser

Jendela Kamar Mandi


Apakah kamu sedang mencari jendela kamar mandi ? sedang bingung memilih model dan jenis bahan apa yang bagus ?

Kamar mandi ialah salah satu ruangan yang membutuhkan sirkulasi udara yang baik selain dapur, sebab keduanya merupakan area yang udaranya harus berganti supaya udara menjadi lebih segar.

Selain jendela kamar mandi anda pasti membutuhkan pintu juga kan, Anda bisa cek di halaman pintu kamar mandi.

Semakin tinggi uap air maka kelembaban udaranya juga tinggi oleh sebab itu peran jendela WC disini sangat penting agar udara tetap segar dan fresh terbebas dari bau.

Pada artikel kali ini kami akan bantu kamu untuk memilih model jendela WC apa yang cocok untuk kamarmu.

Ventilasi Kamar mandi

Material Jendela Kamar Mandi

Sebelum memilih model sebaiknya kamu tahu dulu material apa saja yang bisa dipilih untuk jendela WC.
Ada beberapa pilihan yang banyak dipakai di masyarakat, yang pastinya ada juga sudah tahu. Tapi kamu juga harus tahu kelebihan dan kekurangannya jika dipasang di kamar mandi.


Jendela Kayu

Material yang satu ini memang sudah umum sekali dipakai sejak jaman dahulu dan masih dipakai oleh masyarakat di beberapa daerah. Kelebihan material kayu tampilannya terlihat natural / alami, harganya cukup murah jika tidak memakai kualitas kayu yang jati super.

Kekurangannya jika dipasang di kamar mandi jendela akan sulit dibuka tutup, seperti yang kita ketahui material kayu mudah memuai jika terkena air lembab.

Jika model jendela kamu hanya model kaca silang saja itu tidak akan menjadi masalah, tapi perlu kamu perhatikan jangka panjangnya kayu mudah diserang rayap.


Jendela UPVC

Jenis material kedua ini cukup menjadi tren di 20 tahun terakhir, sebagai alternatif dari bahan kayu UPVC banyak dipakai oleh masyarakat.

Keunggulan UPVC material ini tahan cuaca apa lagi jika dipasang di kamar mandi itu tidak akan menjadi masalah. Kekurangannya harga material ini masih lumayan mahal dibandingkan dengan kayu dan juga aluminium lokal seperti alexindo.

Jendela Aluminium

Material yang ketiga adalah material aluminium yang paling umum dipakai di banyak bangunan seperti gedung, mall, hotel dll.

Jendela Aluminium banyak dipakai alasannya karena tahan lama, tahan cuaca dan harganya cukup murah ( tergantung merk ya ). Jika kamu pakai aluminium lokal tentu harganya murah, jika memakai produk import seperti aluminium finish good tentu harganya lebih mahal.

Meski harganya mahal tapi memang kualitas profil aluminium dan aksesoris yang dipakai juga berbeda, jika dilihat pun hasilnya juga lebih rapi dan secara fungsi juga lebih mudah digunakan.

Model Jendela Kamar Mandi Terbaru

Sebenarnya untuk desain jendela tergantung dari bentuk ruangan kamar mandi dan luas ruangan kamar mandi tersebut.

Selain itu lokasi ruangan itu juga mempengaruhi desain. Contohnya jika lokasi WC berada di rumah tampak depan, tidak mungkin kami sarankan memakai jendela kaca mati yang besar dengan kaca bening bukan ?

Jadi solusinya jika letaknya seperti itu adalah memakai jendela jungkit diatas yang dari depan tidak mudah orang lihat.
Menjaga privasi itu sangat penting, jadi sebelum membeli tentukan dulu desainnya seperti apa.

Agar mempermudah kamu dalam memilih model kami akan memberikan beberapa contoh model jendela kamar kecil yang umumnya dipakai di Indonesia.

Jendela Boven / Jendela Jungkit

Jendela Upvc Jungkit

Model pertama adalah model paling banyak dipakai Jendela boven atau disebut jendela jungkit atau bovenlight. Alasan jendela memakai model ini sebab jendela berada di area yang tinggi seperti gambar diatas dan handel sulit dijangkau.

Selain itu diposisi seperti itu model jendela yang bisa buka tutup yang paling tepat adalah model jendela jungkit.
Untuk desainnya kamu bisa gabungkan dengan jendela kaca mati atau kaca frameless.

Untuk Detail jendela Jungkit kamu bisa cek di Jendela Jungkit Aluminium.

Jendela Kaca Silang

Jendela Kaca Silang Kamar Mandi

Desain kedua jendela kaca silang atau juga disebut jendela kaca zig zag, jendela ini sudah umum sekali dan banyak dipakai. Kelebihannya memakai jendela ini adalah harganya murah tidak perlu buka tutup jendela.

Jendela Casement

Jendela Swing Kamar Mandi

Salah satu model jendela yang jarang dipakai untuk kamar mandi adalah jendela swing atau disebut juga dengan jendela casement, alasannya karena tergantung lokasi / letak ruangan kamar mandi tersebut.


Jika WC menghadap taman belakang dan tidak ada orang yang bisa melihat dari ketinggian tentu tidak akan ada masalah memakai model jendela casement ini.

Letak ruangan kamar mandi berpengaruh pada model jendelanya, apabila kamar mandi terletak di tampak depan rumah dan ingin memakai jendela swing maka sebaiknya gunakan gorden untuk menutupi area jendela.

Untuk Detail Jendela Casement anda bisa baca di Halaman Jendela Casement

Jendela Sliding

Jendela Sliding (2)

Model berikutnya jendela sliding atau jendela geser, jenis ini tidak terlalu banyak digunakan untuk jendela kamar kecil. Tapi jika model kamar mandi cukup luas bisa pakai jendela geser ini.


Jendela sliding mempunyai area yang terbuka hanya setengah dari lebar bukaan, apabila opening tembok tidak lebar maka sirkulasi udaranya juga berkurang.

Untuk Detail Jendela Sliding anda bisa baca di Halaman Jendela Geser

Glass block

Desain kamar mandi dengan glass block menjadi unik untuk mempercantik tampilan kamar mandi, model glass block juga cukup variatif. Dengan memasang glass block ini kamu akan mendapatkan pencahayaan yang cukup dan tidak perlu khawatir terlihat dari luar.

Tapi kekurangan yang perlu kamu perhatikan adalah model jendela WC ini hanya untuk pencahayaan tidak untuk sirkulasi udara.

kamu mungkin perlu exhaust fan agar sirkulasi udara lebih baik di dalam kamar mandi.

Jendela Kaca Mati

Jendela Kaca ES Mati

Fixed Window / jendela kaca mati hampir sama seperti glass block yang fungsinya sebagai sumber pencahayaan. Bedanya jendela kaca mati dapat dibentuk menjadi model tertentu dan dapat memakai jenis kaca tertentu.

Jika kamu memakai jendela mati anda perlu perlu benar-benar pikirkan terlebih dahulu. Sebab jendela mati hanya akan memberikan pencahayaan tanpa ada sirkulasi udara.

Kelebihan jendela kaca mati ini adalah biaya lebih murah dan jendel dapat meredam suara dengan baik seperti jendela kedap suara.

Skylight

Jendela Skylight

Selain beberapa model diatas jendela yang ini memang jarang dipakai yaitu skylight yang biasanya dipakai untuk kanopi kaca tapi sekarang untuk kamar mandi.

Sebenarnya desainnya sangat bagus dan kamu dapat mendapatkan pencahayaan yang maksimal sebab skylight berada diatas. Tapi sebelum memakai jendela itu pastikan jika ruangan kamar mandimu memungkinkan untuk memakai skylight.

Jika posisinya di lantai bawah dan mudah terlihat dari gedung tinggi lainnya, bagaimana ?

Tapi ada beberapa desain kamar mandi yang unik dengan jendela skylight diatasnya, kami akan membahas pada artikel berikutnya.

Jendela Nako

Desain berikutnya adalah jendela nako, sebenarnya jendela nako tidak begitu umum dipakai untuk kamar mandi. Tapi bisa juga dipakai untuk kamar mandi, model jendela ini memang bisa dibuka tutup dan diatur bukaan sesuai kebutuhan.

Untuk informasi detail jendela nako bisa cek di halaman jendela nako.

Kaca Frameless

Model jendela ini sebenarnya jendela yang tidak memakai frame / kusen. Jendela ini memakai Aluminium U yang ditanam di dalam tembok, kemudian dipasang kaca dan disealent agar tidak bocor.

kamu bisa menggunakan kaca frameless ini untuk alternatif jendela mati atau jendela kaca silang. Kelebihan memakai model ini harganya pasti lebih hemat, sebab tidak memakai kusen.

Jendela Jalusi

Model jendela terakhir ialah jendela jalusi atau juga dikenal dengan jendela louvre, jendela louvre disini yang kami maksud mirip dengan jendela nako yang bisa dibuka tutup.

Meski ada jendela jalusi yang fixed tidak bisa digerakan / dibuka tutup, tapi jika jalusinya bisa dibuka tutup akan menjadi nilai plus.


Kita bisa atur lebar bukaan yang diinginkan dan jika tidak dipakai jendela bisa ditutup agar nyamuk tidak masuk.

Jenis Kaca Jendela Boven Kamar Mandi

Memilih jendela tentu memilih jenis kacanya juga, ada beberapa macam pilihan jenis kaca kamar mandi. Sebagian besar fungsinya untuk menghalangi pandangan orang dari luar ruangan tapi cahaya tetap masuk.

Kaca Es

Jendela kamar mandi dengan kaca Es adalah kombinasi yang paling umum dan paling banyak ditemukan. Jika ES mempunyai karakteristik tidak tembus pandang, tapi banyangan masih terlihat.

Kaca Bening + Stiker Film Sanblast

Jika kamu tidak ingin pakai ES, bisa pakai alternatif lainnya yaitu kaca clear ditambah stiker film sanblast. Stiker sanblast sering kamu lihat dipartisi kaca perkantoran, terlihat buram seperti kaca es tapi terlihat lebih bagus daripada kaca es.

Kaca Raindown

Jenis kaca berikutnya adalah kaca raindown, kaca ini memilik tekstur dan bentuk seperti aliran air yang menempel di kaca. Tidak tempus pandang juga, tapi banyangan masih bisa terlihat.

Kaca Patry

Sebenarnya jarang yang pakai kaca patri untuk kaca kamar mandi, selain karena harganya mahal agar motif / desain kaca patry terlihat bagus ukuran jendelanya juga harus besar

Kaca Ryben

Pasti kalian juga pernah melihat kaca dengan warna hitam, jika disiang hari kaca ini akan memantulkan cahaya dari luar ruangan, tapi dari dalam masih bisa melihat ke luar.

Ya.. kaca ryben namanya. Tapi kekurangan kaca ini jika malam hari atau cahaya di dalam lebih terang dari pada di luar masih bisa terlihat. Walaupun tidak sedetail kaca bening, tapi masih samar-samar bisa dilihat dari luar.

Sebenarnya masih banyak jenis kaca yang lain, tapi dari semua jenis kaca yang paling umum dipakai untuk jendela WC adalah yang sudah kami bahas diatas.

Ukuran Jendela WC

Berbicara mengenai ukuran jendela kamar kecil tentu tidak lepas dari ukuran ruangan kamar mandi yang akan kalian buat. Semakin besar ruangan maka ukuran jendela juga bisa semakin besar.

Jika kamu memakai kamar mandi kecil ( tidak luas ) maka kami sarankan kamu untuk pakai jendela ukuran standar saja.
Berapa ukuran standar jendela kamar mandi ?

Sebenarnya sudah pernah kami bahas beberapa jenis ukuran pintu dan jendela standar. Tapi disini kami akan bagikan khusus ukuran jendela WC:

Ukuran Jendela Kamar Mandi

Model Desain Jendela Kamar Mandi

Untuk mempermudah anda mencari inspirasi desain jendela seperti apa yang ingin dibuat, berikut ini kami berikan beberapa contoh Model jendela WC. Semoga bisa menjadi referensi anda dalam memilih:

Jendela Mati Kaca Buram
Jendela Mati Kaca Buram
Jendela Boven Aluminium Kaca Mati
Jendela Kaca Frameless
Jendela Frameless
Jendela Nako
Jendela Casement
Jendela Casement
Jendela Aluminium Hitam
Jendela Aluminium Hitam
Jendela Frameless
Jendela Geser Ke Atas
Glassbox
Jendela Mati

Kesimpulannya:

Jika kamu mencari jendela kamar mandi dengan harga murah dan sebagai jendela ventilasi WC dan pencahayaan. Kamu bisa memilih jendela Boven Aluminium atau jendela Kaca silang. Kemudian pilihlah jendela dengan kaca es, sebab kaca es tidak tembus pandang dan bisa menjaga privasi dengan baik, selain itu harganya juga lebih murah dibandingkan kaca bening + film sanblast.

Demikian pembahasan mengenai jendela kamar mandi, jika ada informasi yang ingin ditanyakan mengenai produk kami, jangan segan untuk hubungi kami lewat WhatsApp di nomor yang tersedia.