January 29 2019 0comment
Foto Kusen UPVC

Ukuran Pintu dan Jendela Standar untuk Rumah Anda

Ukuran Pintu dan Jendela Standar, ukuran pintu atau jendela pada umumnya kurang diperhatikan dan dianggap tidak perlu dipermasalahkan.

Masalah akan timbul ketika pintu atau jendela sudah terpasang…

Contoh masalahnya adalah lebar pintu terlalu kecil sehingga sulit memasukkan barang berukuran besar. Tinggi pintu yang tidak cukup sehingga tidak bisa memasukkan barang berukuran yang lebih tinggi ke dalam ruangan.

Pentingnya ukuran standar pada jendela karena jendela akan mempengaruhi intensitas pencahayaan dan sirkulasi udara ke dalam ruangan. Berpengaruh juga untuk kesehatan penghuninya..

Maka dari itu Anda sebaiknya mengetahui ukuran standar dari pintu dan jendela untuk bangunan Anda. Tujuannya untuk mengoptimalkan fungsi dan kenyamanan jendela/pintu tersebut.

Berikut ini pembahasan mengenai ukuran pintu dan jendela standar :

UKURAN PINTU STANDAR

  1. PINTU UTAMA

Pintu utama atau pintu depan atau pintu akses keluar masuk utama ke dalam rumah, pintu ini sangat penting karena selain ukurannya yang harus optimal juga menyesuaikan dengan model rumah Anda. Untuk ukuran standar pintu utama single lebarnya kami sarankan minimal 90-100 cm, kemudian tinggi pintu utama 220-240 cm.

Ukuran Standar Pintu Utama

Kusen UPVC

Untuk ukuran standar pintu utama double lebarnya minimal 150-200 cm, atau bisa kurang dari 150 cm tapi pintunya dapat dibuat satu besar satu kecil. Contohnya pintu sebelah kanan lebarnya 90 cm kemudian pintu sebelah kirim lebarnya 50 cm.

Ukurannya besar karena pintu utama selain untuk akses keluar masuk penghuni rumah juga sebagai akses keluar masuk barang-barang atau furnitur.

  1. PINTU KAMAR

Pintu kamar digunakan untuk akses keluar masuk ke ruangan di dalam bangunan atau rumah. Selain sebagai keluar masuk penghuni juga sebagai akses keluar masuk furnitur ke dalam ruangan / kamar. Jadi… ukuranya juga tidak boleh terlalu kecil.

Saran dari kami untuk ukuran standar pintu kamar adalah lebarnya 80-100 cm dan tingginya 210-240 cm. Ukuran ini memang lebih besar dari umumnya, tapi dari ukuran tersebut kan masih di potong ukuran kusen sebesar 5 cm, jadi ukuran untukaksesnya semakin kecil.

Ukuran Standar Pintu Kamar

Kusen UPVC

  1. PINTU KAMAR MANDI

Pintu kamar mandi hanya untuk akses penghuni saja. Jadi ukurannya tidak perlu terlalu besar apalagi jika kamar mandinya memang kecil.. Ukuran standar pintu kamar mandi yang kami sarankan adalah lebarnya 70-80 cm dan tingginya 180-200 cm.

Ukuran Standar Pintu Kamar Mandi

Pintu Kaca Kamar Mandi

 

UKURAN JENDELA STANDAR

Ukuran jendela standar dibagi menjadi 3 tipe yaitu jendela utama, jendela kamar, dan jendela boven.

  1. JENDELA UTAMA

Jendela utama ini umumnya terletak area tampak depan rumah dan dekat dengan pintu utama, di dekat ruang tamu. Ukuran jendela ini harusnya lebih besar karena sebagai akses sirkulasi udara dan cahaya. Ukuran jendela utama minimal 70-80 cm dan tingginya 150-180 cm.

Ukuran Jendela Utama

100_1850

 

  1. JENDELA KAMAR

Jendela kamar tentu saja terletak di dalam kamar dan fungsinya sama seperti jendela lain untuk pencahayaan dan sirkulasi udara. Kami menyarankan ukuran jendela kamar minimal 60-70 cm dan tingginya 100-150 cm.

Ukuran Jendela Kamar

100_1862

 

  1. JENDELA BOVEN

Model jendela ini umumnya terletak pada area kamar mandi dan dapur. Bentuk jendela boven adalah model jungkit. Ukuran standar lebarnya per daun 50-100 cm dan tingginya 40-60 cm.

Ukuran Jendela Kamar Mandi

Jendela Sliding (2)

 

 

admin

Write a Reply or Comment