October 29 2015 0comment
Pintu Aluminium

Ruangan bebas dari suhu panas

Indonesia memiliki iklim tropis yang cenderung panas dan lembab, terutama pada siang hari. Lantas bagaimana caranya meredam panas dan membuat ruang dalam rumah terasa sejuk tanpa menggunakan pendingin udara?

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk menyikapi kondisi ini adalah merancang sistem pengudaraan yang baik dengan menghadirkan bukaan-bukaan lebar seperti pintu aluminium dan jendela aluminium . Idealnya, bukaan untuk ‘memasukkan’ cahaya matahari dan sirkulasi udara berkisar 20% dari luas ruangan.

Perhatikan arah hadap bangunan serta pergerakan angin sebelum mulai merancang bukaan di rumah. Sebaiknya Anda memaksimalkan bukaan di bagian utara atau selatan rumah sesuai arah datangnya angin. Bila angin berasal dari arah selatan, maka baiknya direspon dengan mengoptimalkan bukaan di dinding sepanjang sisi selatan bangunan.

Bukaan bisa berupa pintu, jendela kaca massif ataupun pintu kaca lebar yang dapat digeser. Apapun jenis bukaannya, pastikan cahaya matahari dan udara dapat bebas masuk ke dalam ruangan, sehingga ruang terasa lebih sejuk.

Nah, jika ruang-ruang utama menghadap ke arah timur atau barat, Anda bisa menyiasati bukaan lebar dengan menambahkan shading sebagai filter masuknya cahaya matahari. Anda bisa membuat secondary skin, kanopi atau roller blind untuk menghalau paparan cahaya matahari langsung. Selain itu, Anda juga bisa menempatkan pohon atau water feature untuk menahan panas matahari.

sumber: http://majalahasri.com

admin

Write a Reply or Comment