Manfaatkan Pencahayaan Alami!

Pengurangan pemakaian lampu untuk kebutuhan rumah tangga merupakan langkah hemat energi. Mau lebih hemat lagi sekaligus ramah terhadap lingkungan? Beralihlah ke cara pencahayaan alami untuk hunian Anda.

Bagi Anda yang baru membangun atau merenovasi rumah, pertimbangan memanfaatkan pencahayaan alami dilakukan dengan tujuan sebagai jalan udara dan pintu masuk cahaya ke dalam hunian. Beberapa cara ini mungkin bisa Anda coba:

Skylight

Buatlah skylight, misalnya kaca transparan di langit-langit rumah Anda. Cahaya yang masuk ke dalam rumah akan mengurangi pemakaian listrik untuk lampu pada pagi, siang dan sore hari.

Jendela transparan

Gunakan kaca transparan untuk jendela rumah Anda. Cahaya matahari bisa masuk lewat jendela, sehingga akan sangat menghemat pemakaian listrik.

Lihat Jendela Aluminium : Jendela Aluminium

Ruang tanpa sekat masif

Ruang-ruang di dalam rumah yang disekat selain memboroskan ruang, juga memboroskan instalasi dan penggunaan listrik. Buatlah sekat yang tidak masif, misalnya kaca yang transparan, atau aksesoris. Dengan ruang tanpa sekat, ketika lampu menyala, maka bisa menerangi ruangan lainnya.

Memasang innercourt

Buatlah innercourt dan biarkan taman ini dapat terhubung langsung dengan ruangan lainnya di dalam rumah.

Cat warna putih

Untuk dinding rumah, pakailah cat berwarna putih atau warna terang. Ini bertujuan agar cahaya lampu memantul dan memaksimalkan pencahayaan dalam hunian.

Selamat mencoba!

admin

Write a Reply or Comment