September 28 2015 0comment
French Window

Jendela, Kusen uPVC

Apa Itu UPVC ?

Apa sih bedanya dengan Kusen PVC? Gampangnya, uPVC ( Unplasticied Ply Vinyl Chloride) itu adalah Polyvinyl Chloride (PVC) yang diperkuat dengan proses yang dinamakan Unplasticied sehingga akhirnya menjadi bahan yang lebih kuat dan kaku (rigid) daripada PVC biasa. Begitu uPVC digunakan sebagai kusen jadilah ia produk yang kompak. Simpel, lengkap, dan begitu memperhatikan segala hal yang berkaitan dengan fungsi jendela dan pintu.

Sebut saja, profil uPVC  yang berongga, berlapis, dan dilengkapi karet pada pertemuan antara kusen dan daun jendela memberi banyak keunggulan pada material ini. Adanya rongga dan karet membuat kusen mampu menghasilkan ruang yang kedap suara dan anti bocor.

Sistem lapisan yang ada di rangkanya, meredam panas dan dingin dari ruang luar. Sifat hemat energi uPVC ini sudah diakui dunia Internasional. Hemat dari efek yang timbul saat digunakan maupun pada proses pembuatannya, bahkan material ini bisa didaur ulang.

Jendela UPVC
Contoh Jendela UPVC

Kusen uPVC

Kusen uPVC bukan seperti Kusen PVC kamar mandi akan tetapi Kusen UPVC kuat dibanding aluminium ataupun kayu. Kekuatan material ini ada pada profilnya yang dilengkapi dengan rangka besi. Meski, saat ini, inovasi pada dunia uPVC telah berkembang dengan pemakaian serat karbon yang lebih kuat lagi.

Menggunakan kusen uPVC, memberi keleluasaan bagi penggunaannya dalam merancang desain jendela dan pintu, karena bahan ini sangat fleksibel. Segala macam jenis bukaan seperti model ungkit, swing, sliding, ataupun lipat terakomondasi melalui sistem yang terangkai di dalamnya. Bahkan, satu macam frame pada uPVC dapat mengakomondasi berbagai macam ukuran kaca yang menjadi daun jendelanya. Memang, kusen uPVC paduan paling pasnya ya dengan daun kaca.

Kusen uPVC juga dirancang dengan single atau multi point locking system, sesuai kebutuhan. Jika pengguna ingin meningkatkan kekuatan dan keamanan rumahnya, dapat memilih multi sistem atau sistem penguncian ganda.

Karena uPVC sangat fleksibel dibuat desain apa saja, maka saat memesannya yang penting disertakan adalah ukuran yang tepat (akurat) dan desain yang diinginkan. Soal desain ini, tanyakan kepada produsen seberapa jauh mereka bisa hasilkan produk yang sesuai kebutuhan. Misalnya, untuk membuat pintu yang besar, berapa engsel yang akan bisa ditambahkan oleh sang produsen, dsb

Saat ini mulai berkembang penggunaan jendela uPVC (kusen uPVC dan kaca sebagai daunnya) yang digunakan sebagai secondary window. Bahan uPVC yang meredam panas, cocok digunakan untuk hal ini

Untuk kusen uPVC pada umumnya adalah warna putih, kalau untuk warna lain biasanya ada tambahan misalnya menggunakan sistem laminate, cat, atau yang lainnya. Warna putih paling tahan karena merupakan warna dasar materialnya.

Bagian Profil uPVC

  • Special Profile Material & Engineering. Bahan khusus yang tahan terhadap iklim (panas dan hujan).
  • Galvanized Steel Reinforcement. Tulang besi anti karat untuk perkuatan struktur.
  • Twin EPDM Seals. Karet di sisi luar dan dalam, supaya air, kotoran dan serangga tidak dapat masuk ke dalam ruangan.
  • Multiple Chambers. Ruangan-ruangan kecil yang berefek pada kedap suara dan hemat energi.
  • Internal Beading. Sistem yang hanya bisa dibuka dari dalam sehinggga aman.
  • Special Glazing Ready. Siap untuk berbagai ukuran dan jumlah lapisan kaca.
  • Drainage Chamber. Lubang khusus supaya air bisa keluar tanpa hambatan.
  • Multiple Point Locking. Titik kunci lebih dari satu untuk kekuatan dan keamanan yang sangat baik.

 

Save

Save

Save

Save

Save

admin

Write a Reply or Comment