January 27 2018 0comment
rayap

cara merawat kusen dari rayap

Kayu merupakan salah satu material yang banyak digunakan untuk pembuatan kusen pintu, Kusen Jendela dan furniture rumah. Kayu mempunyai mempunyai beberapa keunggulan dibanding material yang lain sebagai furniture. Kayu mempunyai keindahan serat pada permukaannya, dengan memakai kayu akan memiliki kesan alami pada sebuah bangunan.

Akan tetapi banyak orang sekarang ini takut menggunakan material kayu karena sangat rentan terhadap serangan rayap. Serangan rayap akan menyebabkan kerusakan pada kayu. Ciri-ciri kayu yang terkena serangan rayap adalah dengan memperhatikan kayu tersebut ada serbuk-serbuk kayu pada lantai dan kayu akan keropos.. Jika dibiarkan semakin lama kayu akan semakin keropos dan habis dimakan oleh rayap..

Untuk Anda yang tetapi ingin memakai kayu sebagai material kusen dan furniture di rumah Anda.. Sebaiknya Anda harus waspada akan serangan rayap dan harus tahu mencegah kayu dimakan oleh rayap..

Karena mencegah lebih baik daripada mengobati hehe..

Dibawah ini kami membagikan tips bagaimana cara merawat kusen dari rayap dan mencegah rayap datang menyerang kayu Anda.

1. Air Kapur sirih
Air kapur sirih sangat efektif untuk membasmi rayap.Untuk mengatasi rayap yang ada pada kayu caranya cukup mudah yaitu dengan menyiramkan air kapur sirih pada kayu yang diserang atau dapat juga langsung ke sarang rayap. Kulit rayap yang tipis dan lembut tidak mampu menahan sifat panas dari kapur.
2. Memakai Minyak Tanah
Bahan bakar yang satu ini sempat populer sebelum hadirnya konversi bahan bakar gas 3KG, apabila anda kesulitan untuk mendapatkannya maka dapat menggantinya denga bahan lain yanitu minyak solar yang sifat dan baunya mirip dengan minyak tanah. Caranya adalah dengan menyemprotkan minyak tanah atau solar pada kayu yang telah di serang rayap atau pada sarang-sarang rayap. Agar lebih ampuh dapat juga ditambahkan minyak serai sebagai pencampur minyak tanah.
3. Pakai Air Bekas Cucian Beras
Air bekas cucian beras dapat juga mengusir rayap meski sifatnya sementara, yang digunakan adalah air pertama dari cucian beras. Caranya adalah dengan menyiramkan air tersebut ke sekeliling sarang rayap.
4. Pakai Garam Dapur
Selain untuk keperluan masak-memasak ternyata garam juga ampuh untuk menghadapi rayap. caranya adalah dengan menaburkan garam di sarang rayap, mungkin cara ini kurang efektif karena garamnya hanya mengenai bagian permukaan sarang. Agar lebih efektif anda dapat mencampur garamnya dengan air dan T3mb4k4u. Diamkan selama satu malam lalu semprotkan atau siramkan di tempat-tempat yang ada rayapnya.
5. Pakai Tembakau
Tembakau biasanya berguna untuk membunuh tungau yang biasanya terdapat di rumput atau perabotan mebel seperti kursi, sofa ataupun kasur, ternyata Tembakau ini juga ampuh untuk mengusir rayap.
Cara menggunakannya adalah dengan mencampur Tembakau dan air lalu di diamkan satu malam agar sari Tembakau sepenuhnya keluar. Lalu semprotkan air campuran itu pada kayu yang di serang atau juga langsung ke sarang rayap.
6. Pakai Sentricon
membasmi rayap yang ada ditanah kita membutuhkan alat bantuan sentricon, sentrikon sendiri terdiri dari 2 buah alat dimana alat yang pertama merupakan sebuah pengumpan yang taruh pada dinding/kusen yang menjadi jalur rayap, sedangkan alat yang ke 2 berupa detektor rayap yang ditanam di tanah. Pada masing masing alat sentricon terdapat semacam tissu yang berfungsi sebagai pengumpan rayap, tissu tersebut berisikan kandungan heksaflumuron, enzim hormon yang dapat menekan metabolisme pertumbuhan rayap, sehingga akhirnya membunuh rayap tersebut. Setelah alat sentricon digunakan rayap akan datang, memakan, dan mendistribusikan tisu tersebut ke semua koloni rayap sampai akhirnya semua koloni akan mati termasuk yang ada di dalam tanah.
7.Pakai Termisida
Meski Bahan kimia ini sangat ampuh untuk mengusir rayap tetapi penggunaan Termisida ini sebaiknya dihindari dan dijadikan pilihan yang terakhir karena sangat beresiko mengganggu kesehatan kita. Caranya cukup dengan menyemprotkannya ke sarang dan kayu-kayu yang di serang rayap.
Cara Mudah Mencegah dan Melindungi Rumah Dari Serangan Rayap:
1. Membersihkan Saluran Air dan Selokan.
Rayap menyukai area yang lembab dan menyerap banyak air, salah satunya selokan. Bersihkan selalu selokan di depan atau samping rumah dan jaga agar sampah atau kotoran tidak menyumbat selokan.
2. Memperbaiki Pipa dan Keran Air yang Bocor
Jika ada pipa atau keran air yang bocor, segera perbaiki. Keran air yang bocor selalu meneteskan air bahkan saat tidak digunakan. Hal tersebut bisa membuat rumah Anda selalu lembab dan bisa jadi tempat ternyaman untuk rayap. Selain mencegah rayap datang, memperbaiki saluran pipa dan keran air juga menghemat pemakaian air.
3. Mengurangi Penggunaan Kayu Didalam Rumah
Makanan rayap adalah kayu, jadi usahakan tidak menempatkan material kayu di dekat pondasi rumah. Hindari juga meletakkan tumpukan kayu di dalam rumah, sebaiknya taruh di halaman dan tempatkan sejauh mungkin dari bangunan rumah. Jangan menaruh kayu langsung di atas tanah, tapi sediakan dahulu alas dari besi atau lantai keramik di bawahnya.
4. Menjaga Kebersihan Lubang Ventilasi
Pastikan ventilasi udara atau lubang angin bersih dari serpihan cat atau batu bata. Beri kawat kasa pada ventilasi untuk mencegah masuknya serpihan tersebut ke dalam rumah. Karena material yang masuk dari ventilasi bisa mengundang rayap berkunjung ke dalam rumah Anda.
5. Merawat Elemen Kayu Secara Berkala
Gunakan kayu berkualitas bagus untuk balkon, tangga, pintu dan bingkai jendela. Kayu yang kualitasnya rendah memudahkan rayap untuk memakannya. Jangan lupa untuk merawatnya secara berkala, bisa dengan membersihkannya secara teratur atau memulas ulang dengan vernish atau plitur.
6. Beri jarak pada furnitur dan tembok
Rayap selalu memasuki bangunan rumah melalui celah-celah tembok. Dengan membawa jamur yang dapat mensintesa benda apa saja, rayap dapat dengan mudah melubangi beton untuk mencapai kayu yang paling dekat dengan tembok. Anda perlu memberi jarak sekitar 10 cm antara lemari kayu dengan tembok. Ini cukup membantu mengurangi resiko diserang rayap.
Gudang juga merupakan daerah yang paling sering diserang rayap. Yaitu jika di antara tumpukan barang-barang yang jarang dipindahkan terdapat kardus-kardus, lemari, palet dan benda lain yang mengandung selulosa. Anda perlu sering-sering merapihkan gudang, membuang kardus-kardus yang tidak terpakai, dan menjauhkan kayu dari tembok.
7. Proteksi Total pada seluruh bangunan rumah
Kita tidak akan pernah bisa menebak sisi mana yang akan diserang rayap, atau dari mana rayap akan memulai serangan. Melakukan proteksi total juga akan lebih menghemat biaya dibanding Anda harus melakukan renovasi di kemudian hari. Proteksi total dalah melakukan treatment anti rayap menyeluruh baik untuk bangunan jadi (paska-konstruksi) atau yang belum jadi (pra-konstruksi). Cara ini akan membunuh rayap yang sudah ada di bawah bangunan serta menghambat kedatangannya lagi dalam waktu yang lama. Invasi rayap terbang dari tempat lain tidak akan membahayakan karena seluruh struktur bangunan seperti kusen-kusen, lapisan gypsum, rangka atap, kitchen set, dan sebagainya diproteksi dengan anti rayap.
8. Hindari lahan bekas hutan atau kebun untuk membangun rumah
Kebun menyimpan sumber makanan bagi rayap tanah (Coptotermes). Jika Anda harus mendirikan rumah atau banguanan di area bekas perkebunan atau hutan, sebaiknya lakukan pencegahan dengan chemical barrier, yaitu treatment anti rayap pra-konstruksi. Pekerjaan ini meliputi penyemprotan anti rayap pada permukaan tanah dan galian fondasi sebelum bangunan didirikan. Bahan kimia yang terkandung pada larutan termitisida akan mengikat tanah dan bertahan dalam jangka waktu yang lama. Sifatnya yang Knock Down akan mematikan koloni rayap yang sudah ada di bawah permukaan tanah, sifat residualnya akan menghambat kedatangan koloni rayap baru untuk jangka waktu yang lama.
Jika Anda tidak ingin pusing akan hama rayap Anda dapat menggunakan Kusen UPVC sebagai alternatif dari kusen kayu. Kusen UPVC juga mempunyai banyak Keunggulan.

admin

Write a Reply or Comment